Tips & Trik Memilih Cemilan.

Diet sehat secara umum adalah menerapkan pola makan 3x makan utama dengan 2x makan selingan atau cemilan. Cemilan berfungsi untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil,sehingga tidak terjadi kelaparan dari waktu makan sebelumnya karena level gula darah rendah ataupun jadi makan berlebihan yang menyebabkan pelonjakan gula darah di waktu makan setelahnya. Hal yang menjadi tantangan adalah memastikan camilan yang dikonsumsi tetap mendukung gizi seimbang dan tidak membuat kalori yang masuk ke dalam tubuh menjadi berlebih dalam sehari.

Pada saat memilih cemilan, pastikan tetap milih makanan yang padat gizi serta mengandung cairan agar tubuh terhidrasi dengan baik. Kalori untuk cemilan berkisar antara 200-300 kkal.

Apabila diterjemahkan ke dalam menu makanan, maka setara dengan:

  1. Satu mangkuk sedang buah potong (boleh dengan topping madu/yogurt 1 sdm)
  2. Satu mangkuk kecil es buah
  3. Satu setengah ubi kukus
  4. Setengah porsi kebab isi lengkap
  5. Satu porsi susu sapi 200 ml + empat keping biskuit

Makanan instant atau kemasan juga boleh dijadikan pilihan untuk cemilan,
walaupun tidak dianjurkan untuk sering dikonsumsi. Apabila ingin mengonsumsi makanan kemasan, biasakan untuk selalu mengecek dan membaca label Informasi nilai gizi yang tertera di belakang kemasan untuk memastikan kandungan gula, lemak dan natrium masih dalam batas aman.

Karena pada umumnya makanan kemasan tinggi ketiga zat gizi tersebut. Selain itu, pastikan membaca label informasi nilai gizi dengan tepat, perhatikan antara info nilai zat gizi dengan jumlah sajian per takaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>