Tips agar tidur lebih sehat

Tidur adalah bagian vital dari hidup sehat. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas dan sehat, ada beberapa hal yang harus dihindari ketika kamu mau tidur. Salah satunya seperti jangan meminum kopi atau teh karena terdapat kandungan kafein yang nantinya akan membuat kamu susah tidur. Apa aja sih yang harus dihindari? Lalu apa aja hal-hal yang harus dilakukan? Yuk simak tips agar tidur lebih sehat disini.

Hal yang jangan dilakukan sebelum tidur:

1. Jangan konsumsi minuman yang mengandung kafein

Minuman  seperti kopi mengandung kafein yang mendorong kinerja jantung jadi efeknya akan membuat kamu susah tidur. Efek ini juga bisa terjadi pada energy drink, soda dan bahkan permen karet.

2. Jangan konsumsi alkohol dan rokok

Kebanyakan orang mengira kafein merupakan zat paling membuat kita susah tidur. Padahal, merokok atau minum alkohol justru lebih berpengaruh menyebabkan gangguan tidur. Menurut penelitian terbaru yang dimuat di jurnal Sleep, untuk mendapat tidur malam yang nyenyak kita harus menghindari nikotin dan alkohol empat jam sebelum tidur. Mulailah membatasi nikotin atau segelas alkohol sebelum tidur.

3. Hindari makanan berlebih

Sadar atau tidak, ketika perut berada dalam kondisi lapar, ini akan membuat kamu kesusahan tidur. Tapi apabila kamu tidur dalam keadaan perut kenyang, ini akan membuat tubuh kamu gak sehat. Ketika kamu makan terlalu banyak saat mau tidur, maka organ-organ dalam tubuh seperti liver akan mengalami kebingungan.
Pengolahan nutrisi pun akan dilakukan dengan tidak efisien.
Akhirnya, akan timbul masalah yang berkaitan dengan kadar gula atau pun insulin tubuh, yang berujung pada penimbunan lemak.

4. Jauhi gadget

Cahaya biru yang dipancarkan oleh ponsel memengaruhi produksi melatonin. Melatonin adalah salah satu hormon yang membantu seseorang untuk tidur dan mengatur siklus tidur. Penggunaan ponsel secara konstan di malam hari sebelum tidur dapat menyebabkan kurang tidur karena pikiran kamu mungkin terlalu dibuat bersemangat karena berada dalam kondisi aktif.

 

Hal yang sebaiknya dilakukan sebelum tidur:

1. Banyaklah berjalan

Aktivitas fisik, bahkan olahraga dengan intensitas rendah seperti berjalan kaki bisa membantu meningkatkan kualitas tidur, terutama bagi wanita. Dilansir Travel and Leisure, studi terbaru yang diterbitkan Sleep Health menunjukkan bahwa sering jalan kaki bisa membuat kamu tidur lebih nyenyak. Apabila kamu bergabung dengan LIF program, maka kamu tidak perlu khawatir lagi tentang solusi ini.
 
2. Membaca ringan
 
National Sleep Foundation mengemukakan bahwa membaca secara santai sebelum tidur artinya mempersiapkan tubuh untuk tidur dan membantu pikiran terlepas sejenak dari tekanan hidup. Bahkan membaca sebelum tidur pun membuat kualitas tidur lebih bagus.
 
3. Tidur di suhu dan udara yang baik
 
Tidak perlu dipungkiri bahwa suhu ruangan yang terlalu panas atau terlalu dingin bikin tubuh kita sulit beradaptasi. Hasilnya akan membuat kita tidak nyaman dan sulit tidur. Udara yang tertutup juga tidak baik untuk kesehatan kamu. Menggunakan AC dan kipas angin di dalam ruang tidur memang menjadi solusi banyak orang dalam menangani ruang tidur seperti ini. Tetapi perlu diingat, udara yang tak pernah diperbarui karena kondisi ruang tidur yang tertutup akan membuat udara semakin tercemar.
 
4. Meditasi
 
Meditasi bisa dilakukan di atas tempat tidur sebelum kamu memejamkan mata, tak perlu alat, tak perlu banyak waktu, hanya butuh dirimu seutuhnya dan pikiran yang fokus. Contoh meditasi yang bisa kamu coba adalah metode 4-7-8, yaitu tarik nafas dari hidung selama 4 detik, tahan selama 7 detik, lalu buang melalui mulut selama 8 detik. Lakukan berulang-ulang dan ini akan membuat tidur kamu lebih nyenyak.
tips tidur sehat

LIF Indonesia merupakan platform yang mendorong orang bergaya hidup aktif dan sehat terutama dilingkungan kerja. LIF sangat memahami bahwa setiap perusahaan mungkin saja mengalami 5 tanda diatas kapan saja. Untuk itu, LIF membantu perusahaan untuk menerapkan gaya hidup aktif dan sehat di lingkungan kerja melalui LIF Corporate Wellness Program.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>