Mengenal Tabata Training dan Manfaatnya

tabata training adalah

Tabata merupakan variasi dari olahraga High Intensity Interval Training (HIIT) yang bertujuan untuk meningkatkan kebugaran dan performa olahraga, Tabata menggabungkan berbagai latihan kardio, latihan kekuatan, dan sebagainya dalam satu waktu yang relatif singkat. Tabata training secara spesifik didesain untuk meningkatkan detak jantung dalam waktu singkat.

Arti kata dari tabata sendiri merupakan nama dari ilmuwan jepang yang mempopulerkan latihan ini, yaitu Prof. Izumi Tabata pada tahun 1996. Tabata training kini sangat populer di penjuru dunia karena dianggap sebagai olahraga yang banyak manfaatnya. Lantas apa saja manfaat tabata traning? Yuk simak!

1. LEBIH HEMAT WAKTU

Dengan Tabata kamu hanya perlu 4 menit untuk melakukannya untuk level pemula. Umumnya Tabata ini terbagi menjadi 8 set,  setiap set berlangsung selama 30 detik. Di dalam setiap set tersebut,  20 detik untuk melakukan olahraga intensitas tinggi dan 10 detik sisanya untuk istirahat. Terus lakukan pola tersebut sampai 8 set. Untuk mendapatkan hasil yang efektif, kamu harus konsisten mengikuti durasi yang ditentukan ya.

2. LEBIH BANYAK MEMBAKAR LEMAK

Tabata memang sudah di rancang untuk membakar kalori. Karena intensitasnya yang tinggi, tabata bahkan mampu membakar lebih banyak lemak jika dibandingkan dengan olahraga HIIT lainnya seperti aerobik yang durasinya lebih lama sekitar 60 menit. Gerakan yang dilakukan pada latihan ini pada umumnya adalah Push up, Squads, Jumping rope, High knee, Jumping Jacks, Mountain Climbers dan sebagainya yang memang sangat ampuh membakar kalori. Jadi untuk kamu yang punya target mengurangi berat badan, tabata sangat cocok loh.

3. MENINGKATKAN OTOT

Jika  kamu sedang diet dan fokus mengurangi berat badan, kamu juga punya resiko untuk kehilangan berat otot kamu. Jadi kamu perlu mengkombinasikan dengan latihan strengh. Tabata training terbukti mampu meningkatkan massa otot juga. Selain efektif membakar lemak, gerakan-gerakan dari Tabata merupakan fullbody workout jadi efektif untuk menguatkan dan meningkatkan otot juga.

4. PRAKTIS DAN FLEKSIBEL

Ketika kamu sibuk bekerja, kamu tidak akan memiliki banyak waktu untuk ke gym atau mengikuti kelas agar olahragamu efektif, belum lagi biaya yang dikeluarkan tidak murah. Dengan latihan tabata, 4 menit latihan dirumah adalah solusi terbaik untuk kamu.  Latihan ini juga tidak memperlukan alat yang rumit, kamu hanya perlu menyiapkan dumbell jika kamu mau. Kamu juga tidak harus melakukannya setiap hari, cukup 3 kali seminggu kamu sudah bisa merasakan manfaatnya.

Perlu kamu perhatikan

Pastikan kamu melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk mengurangi cedera sebelum melakukan tabata training. Untuk kamu yang berusia diatas 50 tahun sebaiknya jangan terlalu memaksakan hingga selesai jika dinilai terlalu lelah. Jangan lupa untuk konsumsi makanan yang sehat dan tidur yang cukup untuk hasil terbaik.

LIF Indonesia adalah platform yang mendorong gaya hidup sehat dan aktif di lingkungan kerja. Dengan corporate wellness program LIF,  kamu juga akan mendapatkan edukasi tentang kebugaran seperti artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>