Makanan Yang Baik Dikonsumsi Sebelum dan Setelah Olahraga

Makanan setelah olahraga
Olahraga akan lebih maksimal hasilnya jika ditunjang dengan asupan nutrisi yang tepat. Makanan juga menjadi faktor kunci untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Konsumsi makanan dan minuman yang tepat dapat memaksimalkan performa saat berolahraga, mengurangi risiko cedera otot, dan membuat badan lebih cepat pulih setelah berolahraga. Kamu perlu memilih makanan yang mengandung karbohidrat, lemak dan protein yang tepat sesuai dengan goal fitness kamu sebelum dan sesudah olahraga. Berikut makanan yang baik dikonsumsi sebelum dan setelah berolahraga:
SEBELUM OLAHRAGA
Jika kamu ingin berolahraga berintensitas menengah sampai tinggi, tentunya kamu perlu asupan agar kamu lebih berenergi. Kamu sebaiknya mengonsumsi makanan yang berserat tinggi, rendah lemak, mengandung protein & karbohidrat yang cukup dan mengandung cairan.  Pastikan kamu makan bukan pada saat menjelang olahraga karena waktu terbaik untuk makan adalah 1-2 jam sebelum kamu melakukan olahraga. Agar kamu tidak bingung, berikut contoh makanan yang bagus kamu konsumsi sebelum melakukan olahraga:
  • Nasi merah dengan sayuran seperti brokoli
  • Roti gandum dengan telur atau daging panggang/rebus plus sayuran salad
  • Oatmeal dengan susu almond dan potongan buah seperti pisang atau cranberry
  • Smoothie tanpa gula berlebih
  • Dada ayam yang dipanggang atau direbus
  • Yogurt dan buah-buahan seperti apel atau pisang
SETELAH BEROLAHRAGA

Setelah berolahraga sebaiknya jangan langsung makan. Tapi tunggu sekitar 45 menit agar tubuh kamu lebih optimal menyerap karbohidrat dan protein yang akan kamu konsumsi.  Mengonsumsi karbohidrat dan protein setelah olahraga dapat membantu mempercepat pemulihan otot, mengisi kembali tenaga yang dikuras saat berolahraga, dan meningkatkan massa otot.  Berikut beberapa contoh menu makan yang bagus kamu konsumsi selepas kamu berolahraga:

  • 5 lima putih telur dan 1 telur utuh
  • Kentang dengan salmon
  • Cereal dengan susu skim
  • Roti gandum dengan daging tuna dan salad
  • Oatmeal dengan susu almond dan buah
  • Kentang dan ubi
Selain mengonsumsi menu seperti diatas, selepas olahraga kamu juga harus minum air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi. Selain itu jangan lupa untuk istirahat yang cukup setelah olahraga. Untuk mengatur pola hidup yang sehat dan aktif serta mengetahui informasi seputar fitness, kamu bisa bergabung dalam wellness program LIF. LIF Indonesia adalah platform yang mendorong gaya hidup sehat dan aktif di lingkungan kerja melalui teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>