Cara sederhana menghilangkan stres

Menghilangkan stres

Stres merupakan sebuah gangguan mental yang biasa terjadi pada banyak orang.  Stres dapat terjadi setiap harinya, dan dapat disebabkan oleh pekerjaan, keluarga, keuangan, dan bahkan pada saat bosan dirumah aja. Stres tidak boleh dibiarkan begitu saja karena semakin parah stres yang dialami, maka kehidupan kamu akan semakin terganggu. Tapi kamu gak usah khawatir karena sebenarnya banyak banget hal yang dapat kita lakukan untuk meringankan atau menghilangkan stres kita lho. Berikut beberapa cara sederhana menghilangkan stres:

1. Olahraga

Olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi stres. Ketika kamu berolahraga, tubuh melepaskan hormon endorfin, yang merupakan hormon yang melawan stres. Studi menunjukkan bahwa ketika stres mempengaruhi otak, tubuh juga terpengaruh dengan hal ini. Sebaliknya ketika tubuh kamu baik, maka pikiran kamu juga akan baik. Kamu bisa coba olahraga yang terbukti ampuh mengurangi stres seperti yoga, bersepeda dan mixed martial arts.

2. Mendengarkan atau Memainkan Musik

Mendengarkan musik bagus untuk memperbaiki mood dan mengurangi stress. Tidak hanya itu, stres juga bisa diturunkan dengan memainkan alat musik favorit. Tidak perlu memainkan alat musik yang rumit, cukup yang disukai atau bisa memberi rasa bahagia misalnya gitar dan bernyanyi. Selain sebagai pereda stres, musik dapat menjadi pengalih perhatian sekaligus mengeksplorasi emosi, lho. Itu artinya manfaat mendengarkan musik bisa  membantu agar pikiran tetap fokus.

3. Meditasi

Meditasi merupakan salah satu kegiatan yang bisa menghilangkan stres. Meditasi bertujuan menurunkan kadar stres yang menyebabkan detak jantung, aliran darah, dan tekanan darah meningkat. Pikiran juga menjadi lebih tenang dan tubuh menjadi lebih rileks. Bahkan, meditasi dipercaya mampu menghasilkan emosi positif berupa kebahagiaan.

4. Berjemur Dibawah Sinar Matahari

Sebuah penelitian ternyata mengungkapkan bahwa berjemur di sinar matahari mampu mengatasi stres akut. Mark Beecher, PhD, Clinical Professor of Counseling Psychology mengatakan bahwa orang yang kurang terkena sinar malah cenderung lebih mudah stres dan tertekan. Sinar matahari paling baik adalah sinar matahari pagi. Ini karena sinar matahari pagi mengandung serotonin yang membantu menjaga mood kita tetap positif.

5. Membaca Buku

Membaca buku adalah salah satu cara yang ampuh menghilangkan stres. menenggelamkan diri sepenuhnya pada bacaan bisa membuatmu lepas dari rasa khawatir dan stres yang muncul dari kehidupan sehari-hari. Di antara sejumlah bacaan, terdapat jenis buku tertentu yang lebih ampuh untuk turunkan stres. Buku novel dan fiksi merupakan pilihan terbaik untuk menghilangkan rasa stres. 

6. Bermain Dengan Hewan Peliharaan

Hewan peliharaan bukan hanya dapat menjadi teman terbaik, tapi juga baik untuk kesehatan. Tingkah laku mereka yang menggemaskan dapat memperbaiki mood dan mengurasi rasa stres. Beberapa hewan yang bisa menghilangkan stres ialah kucing, burung, hamster dan ikan hias. Apabila kamu memelihara anjing, selain lucu anjing juga bisa menjadi partner kamu untuk berolahraga diluar rumah.

Cara menangani stres

LIF Indonesia adalah platform yang mendorong pola hidup sehat dan hidup aktif di lingkungan kerja. LIF Wellness Program membantu pegawai perusahaan kamu untuk mengurangi stress dan hidup sehat dengan aktivitas yang fun dan informatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>