Makanan Yang Baik Dikonsumsi Sebelum dan Setelah Olahraga

Makanan setelah olahraga
Olahraga akan lebih maksimal hasilnya jika ditunjang dengan asupan nutrisi yang tepat. Makanan juga menjadi faktor kunci untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Konsumsi makanan dan minuman yang tepat dapat memaksimalkan performa saat berolahraga, mengurangi risiko cedera otot, dan membuat badan lebih cepat pulih setelah berolahraga. Kamu perlu memilih makanan yang mengandung karbohidrat, lemak dan protein yang tepat sesuai dengan goal fitness kamu sebelum dan sesudah olahraga. Berikut makanan yang baik dikonsumsi sebelum dan setelah berolahraga:
SEBELUM OLAHRAGA
Jika kamu ingin berolahraga berintensitas menengah sampai tinggi, tentunya kamu perlu asupan agar kamu lebih berenergi. Kamu sebaiknya mengonsumsi makanan yang berserat tinggi, rendah lemak, mengandung protein & karbohidrat yang cukup dan mengandung cairan.  Pastikan kamu makan bukan pada saat menjelang olahraga karena waktu terbaik untuk makan adalah 1-2 jam sebelum kamu melakukan olahraga. Agar kamu tidak bingung, berikut contoh makanan yang bagus kamu konsumsi sebelum melakukan olahraga:
  • Nasi merah dengan sayuran seperti brokoli
  • Roti gandum dengan telur atau daging panggang/rebus plus sayuran salad
  • Oatmeal dengan susu almond dan potongan buah seperti pisang atau cranberry
  • Smoothie tanpa gula berlebih
  • Dada ayam yang dipanggang atau direbus
  • Yogurt dan buah-buahan seperti apel atau pisang
SETELAH BEROLAHRAGA

Setelah berolahraga sebaiknya jangan langsung makan. Tapi tunggu sekitar 45 menit agar tubuh kamu lebih optimal menyerap karbohidrat dan protein yang akan kamu konsumsi.  Mengonsumsi karbohidrat dan protein setelah olahraga dapat membantu mempercepat pemulihan otot, mengisi kembali tenaga yang dikuras saat berolahraga, dan meningkatkan massa otot.  Berikut beberapa contoh menu makan yang bagus kamu konsumsi selepas kamu berolahraga:

  • 5 lima putih telur dan 1 telur utuh
  • Kentang dengan salmon
  • Cereal dengan susu skim
  • Roti gandum dengan daging tuna dan salad
  • Oatmeal dengan susu almond dan buah
  • Kentang dan ubi
Selain mengonsumsi menu seperti diatas, selepas olahraga kamu juga harus minum air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi. Selain itu jangan lupa untuk istirahat yang cukup setelah olahraga. Untuk mengatur pola hidup yang sehat dan aktif serta mengetahui informasi seputar fitness, kamu bisa bergabung dalam wellness program LIF. LIF Indonesia adalah platform yang mendorong gaya hidup sehat dan aktif di lingkungan kerja melalui teknologi.

Mengenal Tabata Training dan Manfaatnya

tabata training adalah

Tabata merupakan variasi dari olahraga High Intensity Interval Training (HIIT) yang bertujuan untuk meningkatkan kebugaran dan performa olahraga, Tabata menggabungkan berbagai latihan kardio, latihan kekuatan, dan sebagainya dalam satu waktu yang relatif singkat. Tabata training secara spesifik didesain untuk meningkatkan detak jantung dalam waktu singkat.

Arti kata dari tabata sendiri merupakan nama dari ilmuwan jepang yang mempopulerkan latihan ini, yaitu Prof. Izumi Tabata pada tahun 1996. Tabata training kini sangat populer di penjuru dunia karena dianggap sebagai olahraga yang banyak manfaatnya. Lantas apa saja manfaat tabata traning? Yuk simak!

1. LEBIH HEMAT WAKTU

Dengan Tabata kamu hanya perlu 4 menit untuk melakukannya untuk level pemula. Umumnya Tabata ini terbagi menjadi 8 set,  setiap set berlangsung selama 30 detik. Di dalam setiap set tersebut,  20 detik untuk melakukan olahraga intensitas tinggi dan 10 detik sisanya untuk istirahat. Terus lakukan pola tersebut sampai 8 set. Untuk mendapatkan hasil yang efektif, kamu harus konsisten mengikuti durasi yang ditentukan ya.

2. LEBIH BANYAK MEMBAKAR LEMAK

Tabata memang sudah di rancang untuk membakar kalori. Karena intensitasnya yang tinggi, tabata bahkan mampu membakar lebih banyak lemak jika dibandingkan dengan olahraga HIIT lainnya seperti aerobik yang durasinya lebih lama sekitar 60 menit. Gerakan yang dilakukan pada latihan ini pada umumnya adalah Push up, Squads, Jumping rope, High knee, Jumping Jacks, Mountain Climbers dan sebagainya yang memang sangat ampuh membakar kalori. Jadi untuk kamu yang punya target mengurangi berat badan, tabata sangat cocok loh.

3. MENINGKATKAN OTOT

Jika  kamu sedang diet dan fokus mengurangi berat badan, kamu juga punya resiko untuk kehilangan berat otot kamu. Jadi kamu perlu mengkombinasikan dengan latihan strengh. Tabata training terbukti mampu meningkatkan massa otot juga. Selain efektif membakar lemak, gerakan-gerakan dari Tabata merupakan fullbody workout jadi efektif untuk menguatkan dan meningkatkan otot juga.

4. PRAKTIS DAN FLEKSIBEL

Ketika kamu sibuk bekerja, kamu tidak akan memiliki banyak waktu untuk ke gym atau mengikuti kelas agar olahragamu efektif, belum lagi biaya yang dikeluarkan tidak murah. Dengan latihan tabata, 4 menit latihan dirumah adalah solusi terbaik untuk kamu.  Latihan ini juga tidak memperlukan alat yang rumit, kamu hanya perlu menyiapkan dumbell jika kamu mau. Kamu juga tidak harus melakukannya setiap hari, cukup 3 kali seminggu kamu sudah bisa merasakan manfaatnya.

Perlu kamu perhatikan

Pastikan kamu melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk mengurangi cedera sebelum melakukan tabata training. Untuk kamu yang berusia diatas 50 tahun sebaiknya jangan terlalu memaksakan hingga selesai jika dinilai terlalu lelah. Jangan lupa untuk konsumsi makanan yang sehat dan tidur yang cukup untuk hasil terbaik.

LIF Indonesia adalah platform yang mendorong gaya hidup sehat dan aktif di lingkungan kerja. Dengan corporate wellness program LIF,  kamu juga akan mendapatkan edukasi tentang kebugaran seperti artikel ini.