Bagaimana Wellness Program membantu perusahaan mendapatkan talent terbaik

survey pegawai

Laporan Employee Job Satisfaction and Engagement dari Society for Human Resource Management (SHRM) yang dipublish pada tahun 2016 menjelaskan bahwa:

42% pegawai percaya bahwa wellness program “penting”dan  27% berkata “sangat penting” sebagai salah satu faktor kepuasan kerja pegawai. Dan hasilnya ketika dihadapkan dengan pilihan financial benefits dan quality of life, 58% responden lebih memilih quality of life.

Bagi kebanyakan dari mereka, gaji tidak lebih penting dibandingkan suasana lingkungan kerja yang positif dan produktif. Hal ini tidak mengejutkan karena kesadaran perusahaan tentang pentingnya wellness program trendnya meningkat di seluruh dunia, begitupun di Indonesia terutama untuk kalangan millenials. Saat ini, sudah banyak perusahaan di Indonesia yang menerapkan corporate/employee wellness program guna meningkatkan produktivitas, loyalitas dan kekompakan pegawai. 

Tidak dipungkiri, wellness program merupakan salah satu komponen penting untuk menunjang kualitas hidup di lingkungan kerja yang tentunya akan membuat perusahaan mendapatkan talenta yang berkualitas.

LIF Indonesia merupakan platform yang mendorong pegawai hidup aktif dan berpola hidup sehat di lingkungan kerja melalui teknologi yang mampu meningkatkan kualitas hidup pegawai. Let’s join us and celebrate fitness together!

Tips agar tidur lebih sehat

Tidur adalah bagian vital dari hidup sehat. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas dan sehat, ada beberapa hal yang harus dihindari ketika kamu mau tidur. Salah satunya seperti jangan meminum kopi atau teh karena terdapat kandungan kafein yang nantinya akan membuat kamu susah tidur. Apa aja sih yang harus dihindari? Lalu apa aja hal-hal yang harus dilakukan? Yuk simak tips agar tidur lebih sehat disini.

Hal yang jangan dilakukan sebelum tidur:

1. Jangan konsumsi minuman yang mengandung kafein

Minuman  seperti kopi mengandung kafein yang mendorong kinerja jantung jadi efeknya akan membuat kamu susah tidur. Efek ini juga bisa terjadi pada energy drink, soda dan bahkan permen karet.

2. Jangan konsumsi alkohol dan rokok

Kebanyakan orang mengira kafein merupakan zat paling membuat kita susah tidur. Padahal, merokok atau minum alkohol justru lebih berpengaruh menyebabkan gangguan tidur. Menurut penelitian terbaru yang dimuat di jurnal Sleep, untuk mendapat tidur malam yang nyenyak kita harus menghindari nikotin dan alkohol empat jam sebelum tidur. Mulailah membatasi nikotin atau segelas alkohol sebelum tidur.

3. Hindari makanan berlebih

Sadar atau tidak, ketika perut berada dalam kondisi lapar, ini akan membuat kamu kesusahan tidur. Tapi apabila kamu tidur dalam keadaan perut kenyang, ini akan membuat tubuh kamu gak sehat. Ketika kamu makan terlalu banyak saat mau tidur, maka organ-organ dalam tubuh seperti liver akan mengalami kebingungan.
Pengolahan nutrisi pun akan dilakukan dengan tidak efisien.
Akhirnya, akan timbul masalah yang berkaitan dengan kadar gula atau pun insulin tubuh, yang berujung pada penimbunan lemak.

4. Jauhi gadget

Cahaya biru yang dipancarkan oleh ponsel memengaruhi produksi melatonin. Melatonin adalah salah satu hormon yang membantu seseorang untuk tidur dan mengatur siklus tidur. Penggunaan ponsel secara konstan di malam hari sebelum tidur dapat menyebabkan kurang tidur karena pikiran kamu mungkin terlalu dibuat bersemangat karena berada dalam kondisi aktif.

 

Hal yang sebaiknya dilakukan sebelum tidur:

1. Banyaklah berjalan

Aktivitas fisik, bahkan olahraga dengan intensitas rendah seperti berjalan kaki bisa membantu meningkatkan kualitas tidur, terutama bagi wanita. Dilansir Travel and Leisure, studi terbaru yang diterbitkan Sleep Health menunjukkan bahwa sering jalan kaki bisa membuat kamu tidur lebih nyenyak. Apabila kamu bergabung dengan LIF program, maka kamu tidak perlu khawatir lagi tentang solusi ini.
 
2. Membaca ringan
 
National Sleep Foundation mengemukakan bahwa membaca secara santai sebelum tidur artinya mempersiapkan tubuh untuk tidur dan membantu pikiran terlepas sejenak dari tekanan hidup. Bahkan membaca sebelum tidur pun membuat kualitas tidur lebih bagus.
 
3. Tidur di suhu dan udara yang baik
 
Tidak perlu dipungkiri bahwa suhu ruangan yang terlalu panas atau terlalu dingin bikin tubuh kita sulit beradaptasi. Hasilnya akan membuat kita tidak nyaman dan sulit tidur. Udara yang tertutup juga tidak baik untuk kesehatan kamu. Menggunakan AC dan kipas angin di dalam ruang tidur memang menjadi solusi banyak orang dalam menangani ruang tidur seperti ini. Tetapi perlu diingat, udara yang tak pernah diperbarui karena kondisi ruang tidur yang tertutup akan membuat udara semakin tercemar.
 
4. Meditasi
 
Meditasi bisa dilakukan di atas tempat tidur sebelum kamu memejamkan mata, tak perlu alat, tak perlu banyak waktu, hanya butuh dirimu seutuhnya dan pikiran yang fokus. Contoh meditasi yang bisa kamu coba adalah metode 4-7-8, yaitu tarik nafas dari hidung selama 4 detik, tahan selama 7 detik, lalu buang melalui mulut selama 8 detik. Lakukan berulang-ulang dan ini akan membuat tidur kamu lebih nyenyak.
tips tidur sehat

LIF Indonesia merupakan platform yang mendorong orang bergaya hidup aktif dan sehat terutama dilingkungan kerja. LIF sangat memahami bahwa setiap perusahaan mungkin saja mengalami 5 tanda diatas kapan saja. Untuk itu, LIF membantu perusahaan untuk menerapkan gaya hidup aktif dan sehat di lingkungan kerja melalui LIF Corporate Wellness Program.

Bagaimana tidur mempengaruhi bisnis: hubungan zzz dengan $$$

Hubungan zzz dengan $$$

Bagaimana tidur bisa berpengaruh terdapat performa bisnis?

Tidur merupakan salah satu pilar penting yang harus kita perhatikan. Banyak yang menganggap tidur adalah hal sepele, padahal tidur juga dapat mempengaruhi produktivitas di tempat kerja atau di tempat usaha. Berikut bagaimana tidur bisa mempengarungi performa bisnis?

1. Waktu tidur yang buruk akan memberi pengaruh buruk terhadap produktivitas

Penelitian menemukan bahwa orang yang tidak tidur selama 17-19 jam menunjukan gangguan kognitif yang sama seperti orang kecanduan alkohol darah (BAC) 0,05% atau setara dengan rata-rata orang dewasa yang mengonsumsi sekitar satu atau dua gelas minuman alkohol dalam satu jam (tergantung jenis kelamin dan berat badan). Ini menunjukan bahwa orang ini tidak ideal untuk beraktivitas dan produktif.

2. Orang yang tidur kurang dari 6 jam akan 4 kali lebih rentan terkena penyakit

Manfaat dari tidur yang cukup akan memperkuat imun tubuh, mempertajam ingatan, memperbaiki mood, dan membuat tubuh memiliki energi untuk lebih aktif. Dengan jumlah tidur yang sedikit, akan mempengaruhi respon peradangan tubuh yang berguna untuk membantu tubuh untuk membersihkan virus yang ada di dalam tubuh.

Lalu bagaimana tidur mempengaruhi bisnis ?

Sangat berpengaruh! insomnia dan kurang tidur berkontribusi terhadap produktivitas, kinerja dan keselamatan yang jauh lebih buruk. Kerugian produktivitas terkait kelelahan ini diperkirakan menelan biaya yang cukup besar  per tahunnya.

Untuk menguraikan hal ini, sebuah studi yang dipimpin oleh Harvard Medical School menemukan bahwa insomnia menghabiskan biaya 11,3 hari atau $ 2.280 dalam produktivitas untuk rata-rata pekerja yang berjumlah $ 63,2 miliar per tahun secara nasional.

Apa yang bisa dilakukan?

Kamu bisa melakukan aktivitas fisik yang cukup dan tidur yang teratur. Olahraga bisa membantu kamu untuk mendapatkan tidur yang lebih baik. Selain itu perusaaan juga sudah harus memulai menerapkan wellness program di lingkungan kerja. Program wellness bisa membantu pagawai untuk lebih aktif dan sehat sehingga akan meningkatkan performa bisnis perusahaan.

LIF Indonesia merupakan platform yang mendorong gaya hidup sehat dan aktif di lingkungan kerja. Dengan program LIF, pegawai akan lebih aktif melakukan aktivitas fisik dan tidur yang cukup sehingga produktifitas pegawai akan meningkat.

5 Tanda Lingkungan Kerjamu Tidak Sehat

5 tanda lingkungan kerja tidak sehat

Bagi setiap pekerja, kantor adalah rumah kedua. Ini dikarenakan sebagian waktu dihabiskan di kantor bersama rekan kerja. Sayangnya jika tempat kerja tidak sehat, bisa mempengaruhi kesehatan dan produktifitas seluruh pegawai. Berikut 5 tanda bahwa lingkungan kerja kamu tidak sehat:

1. Pegawai sering terlambat dan izin sakit

Banyak pegawai yang sering sakit, terlambat atau bahkan bolos adalah tanda-tanda kalo kantor kamu tidak produktif. Budaya seperti ini akan bikin kinerja perusahaan kamu menurun. Dalam jangka panjang, jangan heran kalo perusahaan kamu tidak bisa bersaing dan survive.

2. No work-life balance

Jika kamu kesulitan mengatur jadwal pribadi kamu seperti istirahat, hangout, liburan dan sebagainya. Ini adalah tanda bahwa perusahaan kamu tidak menerapkan work-life balance. Hal ini bisa membuat pegawai frustasi, bosan dan mungkin stress. Ada beberapa perusahaan yang mungkin sangat sibuk di beberapa waktu, namun biasanya mereka memberikan kompensasi cuti atau uang lembur.

3. Merokok tidak pada tempatnya

Kita semua tahu kalo sebagian pria di Indonesia merokok. Namun apabila budaya merokok tersebut dilakukan tidak pada tempatnya, ini tidak baik untuk  kesehatan perokok ataupun yang tidak merokok. Kebiasaan ini harus diubah dengan cara  seperti perusahaan membuatkan tempat khusus merokok atau edukasi tentang bahaya merokok karena jika tidak, ini akan meningkatkan risiko kesehatan pegawai yang pada akhirnya membuat perusahaan merugi.

4. Jarang ada interaksi antar karyawan

Ini adalah tanda bahwa tim kamu kurang kompak dan solid. Padahal dalam mencapai visi dan misi perusahaan, seluruh komponen perusahaan harus saling terkait dan saling membantu. Maka interaksi dan komunikasi menjadi sangat vital untuk perusahaan. Tanda ini juga bisa membuat pegawai saling curiga dan berkubu-kubu. Jika ini terjadi dikantor kamu, maka perusahaanmu harus membuat kegiatan bersama lintas divisi agar kekompakan bisa terjadi.

5. Karyawan cenderung stress dan tidak termotivasi

Setiap pekerjaan pasti berat, namun apabila pegawai terlalu banyak menerima beban dan tekanan dari pekerjaan tersebut, ini bisa membuat mereka menjadi demotivasi dan stress. Tentunya ini akan berdampak buruk untuk perusahaan karena tidak ada gairah dari pegawai. Olahraga adalah salah satu cara untuk mengurangi stress, perusahaanmu harus mampu memfasilitasi hal ini. Karena jika tidak, ini adalah alarm bagi pegawai untuk meninggalkan perusahaan.

LIF Indonesia merupakan platform yang mendorong orang bergaya hidup aktif dan sehat terutama dilingkungan kerja. LIF sangat memahami bahwa setiap perusahaan mungkin saja mengalami 5 tanda diatas kapan saja. Untuk itu, LIF membantu perusahaan untuk menerapkan gaya hidup aktif dan sehat di lingkungan kerja melalui LIF Corporate Wellness Program.

Perusahaan akan mendapat berbagai keuntungan dari program LIF, seperti:

  • Membantu meningkatkan produktivitas pegawai
  • Membantu mengurangi absensi pegawai
  • Membantu meningkatkan kerjasama tim
  • Membantu mengurangi stress
  • Membantu mengurangi biaya medical

Pengertian MVPA dan cara mengukurnya

Apa itu MVPA dan bagaimana cara mengukurnya?

MVPA adalah Moderate-Vigorous Physical Activity atau aktivitas fisik berintensitas sedang hingga tinggi. Untuk mengukur MVPA, kita harus mengukur detak jantung selama kita beraktivitas, khususnya olahraga. Denyut jantung dapat bervariasi dari masing-masing orang tergantung pada faktor tertentu seperti usia dan tingkat kebugaran.

Contoh dari aktivitas fisik intensitas sedang adalah jalan cepat, bersepeda santai, dancing hingga melakukan pekerjaan rumah seperti berkebun atau menyapu halaman.

Sedangkan aktivitas fisik intensitas tinggi adalah lari cepat, bersepeda cepat, aerobik, berenang dan olahraga kompetitif seperti sepakbola, basket atau bulutangkis

Untuk mendapatkan hasil dari aktivitas tersebut, pastikan kamu memiliki tracker/smartband yang bisa mencatat hasil MVPA kamu. Activity tracker/smartband LIF mempunyai fitur workout mode yang berfungsi untuk mencatat hasil dari aktivitas fisik sedang dan tinggi kamu (MVPA).  Pastikan kamu mengaktifkan mode ini agar bisa melihat hasilnya.

Kamu juga bisa melihat hasil dari aktivitas fisik kamu secara lengkap di aplikasi LIF. Aplikasi LIF memiliki fitur seperti dashboard ,workout report dan history activity agar kamu bisa mengevaluasi dari setiap aktivitas dan perkembangan kamu. 

Berikut cara membaca hasil MVPA didalam aplikasi LIF:

Untuk bisa melihat hasil MVPA kamu di dalam aplikasi LIF kamu harus melakukan sync terlebih dahulu. Setelah melakukan sync, kamu bisa melihat hasil MVPA kamu pada tab intensity minutes seperti gambar-gambar di atas. 

Pada gambar diatas dijelaskan bahwa,

1.  Kamu berarti sudah melakukan MVPA selama 89 menit selama seminggu.

2. Pada tanggal 23 april, kamu melakukan MVPA selama 22 menit, dengan porsi intensitas sedang selama 18 menit dan intensitas tinggi selama 4 menit. 

3. Selama melakukan MVPA di hari tersebut, denyut jantung kamu rata-rata sebesar 143 denyut/menit (bpm) dan denyut jantung tertinggi kamu sebesar 173 denyut/menit (bpm).

LIF Indonesia adalah platform untuk mendorong orang untuk bergaya hidup sehat melalui teknologi khususnya di lingkungan kerja. LIF memiliki corporate wellness program yang komprehensif, engaging, fun dan pastinya didukung dengan teknologi terbaik.